Komentar film I,Robot.

Pada film ini diceritakan bahwa dunia sudah mencapai tahun 2035, pada jaman tersebut semua orang didunia bergantung pada robot, yang telah diprogram, dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari dan tidak membahayakan bagi manusia.

Pada cerita ini dalam pembuatan robot berpedoman pada tiga hukum yaitu robot tidak boleh melukai manusia atau membiarkan mereka terluka, robot harus mematuhi perintah yang diberikan manusia, kecuali perintah tersebut bertentangan dengan hukum pertama., robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan itu tidak bertentangan dengan hukum I dan hukum II.

Di film ini diceritakan  Del Spooner (Will Smith), yang bekerja sebagai detektif yang khusus menangani kasus-kasus pembunuhan di Chicago. Dia tidak menyukai robot dalam segi peri kehidupan manusia karena apa yang dia alami sendiri ketika dia mengalami kecelakaan, dimana robot tersebut, lebih memilih menyelamatkan dia dari pada seorang perempuan yang berada dimobil yang sedang tenggelam, dikarenakan menurut penghitungan robot tersebut peluang dia untuk selamat lebih besar daripada si perempuan tadi.

Terlepas dari kejadian tersebut, Spooner menerima telefon dari pusat pembuatan robot di Amerika Serikat mengenai kematian seorang ilmuwan, Dr.Alfred J. Laning (James Cromwell) pendiri dan pemilik dari USR atau U.S Robotics, Spooner mencurigai bahwa kematiannya karena dibunuh. Kemudian dengan dibantu oleh  Susan Calvin (Moynahan) seorang robopsycologist USR untuk mengungkap misteri pembunuhan tersebut. Tidak seperti robot yang lama, robot USR yang baru NS-5 dikontrol oleh perusahaan super komputer VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence) yang memiliki intelegensi, kemandirian yang menyerupai manusia, Sonny (Tudyk), dicurigai sebagai pembunuh Laning.
Sebagai super komputer pengendali robot, VIKI memutuskan dalam perintah untuk melindungi manusia bahwa harus ada manusia yang dikorbankan dan kebebasan harus dikekang, komputer yang menangani NS-5 ini memimpin untuk perobotisasian secara global.

Laning yang mengetahui rencana VIKI ini,  dan memerintahkan Sonny untuk membunuhnya dalam rencana  untuk mengalahkan komputer. Sonny membuktikan kesetiannya kepada manusia dengan membantu Spooner untuk meloloskan diri dari penjagaan robot VIKI, mereka berhasil menghancurkan otak komputer dengan nanites yang terdapat pada Sonny, lepas dari kontrol VIKI para robot kembali berjalan normal dan infrastruktur di Chicago berjalan normal kembali.

Jadi teknologi robot dan sistem digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Bahkan bisa merugikan manusia jika terjadi kekacauan pada system robot tersebut.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s